Ibu Menyusui Mudah Mengantuk, Bagaimana Mengatasinya?

Aqiqah Al Hilal, Bandung – Semenjak menyusui, apakah energi Anda cepat terkuras dan jadi mudah mengantuk? Jika pernah tertidur saat menyusui, Anda tidak sendirian. Ternyata ibu menyusui memang mudah mengantuk karena melepas hormon prolaktin.

Prolaktin adalah hormon yang memberi sinyal pada tubuh untuk memulai membuat ASI. Tetapi, prolaktin juga menyebabkan kantuk. dr. Jason VanBennekom, MD, Dewan Obgyn di Baptist Health South Florida, mengatakan bahwa prolaktin memang memiliki peran langsung dalam mengurangi stres dan kecemasan.

“Seringkali, penurunan stres memungkinkan relaksasi yang lebih besar, dan karena itu bisa membuat seseorang merasa lebih mengantuk, terutama jika sudah lelah karena kurang tidur pada jam-jam malam” ujarnya.

Meskipun tertidur saat menyusui adalah hal yang normal, namun Anda tetap harus menjaga energi agar tetap segar dan bisa melakukan aktivitas lainnya. Jadi, simak yuk, bagaimana cara menjaga energi saat sedang menyusui.

Mudah Mengantuk saat Menyusui, Ini Cara Mengatasinya!

Tetap Terhidrasi

Banyak cairan yang keluar dari tubuh Anda saat bayi sedang menyusu. Sehingga, ingatlah untuk selalu minum air mineral. Jangan sampai Anda dehidrasi karena akan menambah kelelahan.

“Rekomendasi umum selama menyusui adalah minum kira-kira tiga sampai empat liter air per hari. Ini lebih dari yang disadari kebanyakan orang,” tutur dr. Jason VanBennekom. Anda juga harus mengurangi asupan kafein karena akan mengganggu hidrasi pada tubuh.

Makan dengan Baik

Tidak harus selalu makan buah dan sayuran sepanjang waktu, tetapi makan makanan bergizi benar-benar dapat membantu Anda melawan kelelahan. Ditambah, memproduksi ASI membutuhkan banyak energi metabolik, dan ibu menyusui harus mengkonsumsi kira-kira 400 hingga 500 kalori lebih banyak dari yang lain.

“Ini berarti sekitar 2.300 hingga 2.500 total kalori per hari. Secara umum, diet yang baik dan seimbang dianjurkan, dengan penekanan pada banyak protein,” ujar dr. Jason seperti dikutip dari Romper. Agar lebih mudah dikonsumsi setiap saat, Anda mungkin bisa makan camilan berprotein tinggi.

Konsumsi Suplemen

Menurut Dr. Jason, selain menambahkan lebih banyak kalori, protein, dan makanan bergizi. Anda juga bisa melanjutkan mengkonsumsi suplemen ketika hamil. Namun, lebih baik untuk mengkonsultasikannya dulu ke dokter ya Moms.

Tetap Aktif

Melakukan sedikit aktivitas akan membuat Anda menjadi lebih segar. Sebuah penelitian bahkan menemukan fakta bahwa orang yang banyak bergerak dapat mengurangi kelelahan hingga 65 persen.

“Olahraga membantu meningkatkan tingkat energi serta suasana hati. Bahkan hanya dengan berjalan kaki singkat sambil menghirup udara segar bisa terasa menyenangkan” ujar dr. Jessica Shepherd, MD, Dokter Kandungan di Happy V, Miami, Florida.

Tidur Siang

Tidur siang dapat memberikan keajaiban, namun tidak disarankan tidur siang saat menyusui atau ketika menggendong bayi ya Moms. Menurut dr. Jason, tidur siang selama 10 hingga 20 menit dapat terasa menyegarkan daripada tidur siang selama satu jam.National Sleep Foundation juga mencatat bahwa tidur siang singkat dapat membantu mengatasi kelelahan jangka pendek, karena tidak mengganggu tidur malam dan dapat meningkatkan kewaspadaan tanpa membuat merasa pusing.