Karakter Anak Tengah yang Harus Dipahami Orang Tua

Aqiqah Al Hilal – Banyak faktor yang mempengaruhi sifat dan karakter anak, mulai dari pola asuh, lingkungan rumah hingga urutan kelahirannya. Ya Sahabat Al Hilal, urutan kelahiran anak rupanya bisa menentukan bagaimana karakter anak.

Dikutip dari Parents, menurut Psikolog Anak asal Amerika Serikat, Dr. Kevin Leman, perbedaan kepribadian anak-anak terletak pada urutan kelahiran, seperti anak sulung, anak tengah, anak bungsu, atau satu-satunya, serta bagaimana cara orang tua memperlakukannya.

Sifat dan kepribadian anak tengah biasanya berbeda dengan kakak dan adiknya. Menurut Leman, orang tua cenderung membesarkan anak kedua dengan lebih santai karena pengalaman sebelumnya.

“Anak tengah sering merasa tersisih karena ia bukan seorang kakak tertua ataupun adik termuda,” kata terapis anak dan keluarga di New York, Meri Wallace, MSW.

Menurut Wallace, kegagalan hierarki semacam ini membuat anak tengah akhirnya berpikir untuk membuat tanda pengikat di antara teman sebayanya untuk mendapatkan perhatian. Karena perhatian orang tuanya di rumah biasanya lebih ditujukan kepada adiknya yang baru lahir misalnya.

Karakter Anak Tengah

Sifat dan kepribadian anak tengah paling sulit dijabarkan karena mereka memerankan 2 sosok sekaligus, yaitu adik dan kakak. Namun, menurut Leman secara umum anak tengah memiliki ciri-ciri kepribadian sebagai orang yang menyenangkan namun sedikit pemberontak di dalam keluarganya.

Anak tengah berada dalam posisi yang sulit di dalam sebuah keluarga karena mereka berpikir bahwa mereka tidak dihargai lagi. Ya, mereka juga kerap berpikir, kebutuhan dan keinginannya diabaikan sejak kehadiran adiknya.

Anak tengah umumnya lebih tumbuh bahagia di dalam lingkungan pertemanannya daripada keluarga. Mereka cenderung menjalin ikatan yang lebih kuat dengan teman-teman dan tidak terlalu terikat dengan keluarga dibandingkan dengan adik dan kakaknya. Oleh sebab itu, anak tengah cenderung memiliki lingkaran pertemanan yang luas.

Profesor Departemen Psikologi, Institut Penelitian Kepribadian dan Sosial California, Dr. Frank J. Sulloway, Ph.D, mengatakan bahwa anak-anak tengah mendapat skor lebih tinggi dalam hal keramahan daripada kakak dan adiknya, itulah yang menyebabkan anak tengah lebih mudah dalam hal pergaulan.

Sesuai dengan urutan kelahirannya, anak tengah sering kali menjadi seorang penengah atau pendamai konflik. Hal itu sesuai dengan tipe anak tengah yang lebih suka mengikuti arus. Maksudnya adalah, begitu mereka tahu akan mempunyai seorang adik, mereka akan sangat berusaha menyesuaikan diri dengan semua orang yang nantinya akan berubah perhatiannya.