Si Kecil Sudah Mulai MPASI? Iniloh Jenis Makanan yang Cocok untuk Awal MPASI!

AQIQAH AL HILAL – Tidak dapat kita pungkiri bahwa banyak Bunda yang menantikan agar anaknya segera bisa mengonsumsi makanan sederhana selain meminum Air Susu Ibu (ASI). Masa bayi mengonsumsi Makanan Pendamping ASI (MPASI) adalah salah satu moment yang paling di tungguu oleh Bunda. Pasalnya, saat anak sudah mulai mendapat MPASI, mereka semakin mengenal banyak rasa dan meneriman nutrisi yang lebih beragam daripada hanya mengandalkan ASI saja.

Bunda, tentu memilih makanan untuk MPASI tidaklah bisa sembarangan. Bunda harus memikirkan banyak faktor, mulai dari alergi yang akan ditimbulkan oleh buah hati, dan kandungan nutrisi di makanan tersebut. Lantas, kapan ya waktu yang tepat untuk dapat memberikan MPASI pada anak?

Dilansir dari berbagai sumber, saat memberi MPASI, bunda akan menjalani fase trial-error sehingga akhirnya mengetahui jenis makanan yang aman untuk dikonsumsi untuk anak demi mendukung tumbuh kembangnya. Nah, inilah ciri-ciri anak yang sudah siap untuk diberi MPASI, antara lain:

  1. Anak sudah mampu duduk tegak sendiri tanpa bantuan atau dipegangi.
  2. Anak sering membuka mulutnya ketika ia disodorkan makanan.
  3. Anak mulai menunjukkan gerak-gerik dan ekspresi atas ketertarikannya ketika orang dewasa atau orang lain tengah makan.
  4. Ketika kenyang, bayi bersandar atau pergi untuk menunjukkan bahwa ia enggan makan lagi.
  5. Anak kerap mengambil sesuatu kemudian memasukkannya ke dalam mulut. Seperti misalnya makanan yang ada di dekatnya.

Nah, selanjutnya yang harus kita perhatikan untuk memberi MPASI untuk buah hati kita adalah jenis makanan untuk diberikan saat awal MPASI. Dilansir dari sumber halodoc, inilah makan yang disarankan untuk diberikan saat awal MPASI:

  1. Sayuran yang ditumbuk seperti wortel, labu, kentang, ubi, brokoli.
  2. Buah tumbuk, seperti apel, pir, pisang, pepaya, atau alpukat.
  3. Sereal bayi bebas gluten yang diperkaya dengan zat besi, ibu bisa mencampurkannya dengan ASI.
  4. Bubur susu atau biskuit yang dihaluskan.

Namun, penting untuk diperhatikan oleh Bunda, hindari penambahan garam, gula, madu, atau pemanis lainnya untuk makanan bayi. Sementara itu, pastikan juga agar sayuran selalu tersedia dalam menu harian bayi.

Nah, sudah siapkan bunda memuai MPASI untuk buah hati?